Sosialisasi Pemilihan Umum Legislatif 2014 dan Pendidikan Pemilu Untuk Pemilih Pemula

Pada hari Selasa tanggal 12 Februari 2013 pukul 09.00 WIB bertempat di Water Park Sumenep (WPS) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep mengadakan Sosialisasi Pemilihan Umum Legislatif 2014 Kepada Pemilih Pemula. Acara ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Sumenep, Sekretaris KPU Kabupaten Sumenep beserta staf, Narasumber dari Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, serta siswa-siswi SMA/SMK/MA Kabupaten Sumenep yang akan berusia 17 tahun nanti pada hari pemungutan suara dan belum pernah menggunakan hak pilihnya pada pemilihan umum.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya kemudian laporan panitia yang dalam hal ini disampaikan oleh Sekretaris KPU Kabupaten Sumenep Drs. H. Fajar Rahman, M.Si. Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Sumenep Thoha Shamadi, ST, MH. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa pentingnya kesadaran kita semua terutama para pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya pada saat pemilihan umum khususnya pemilihan umum legislative yang nati akan dilaksanakan pada tanggal 9 April 2014. Beliau juga menyampaikan supaya para pemilih pemula mengenali betul siapa calon legislative yang baik supaya tidak salah pilih, karena apapun pilihan kita itu akan berpengaruh terhadap kehidupan kita hingga pemilihan umum legislative berikutnya.

Kemudian acara selanjutnya yakni pemaparan oleh narasumber dari Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur Bapak Nadjib Hamid, S.Sos, M.Si. Dalam paparannya beliau menjelaskan tentang sejarah pemilu, tujuan pemilu, penyelenggara pemilu, hingga sistem pemilu di Negara Indonesia. Beliau juga menyampaikan dan berpesan kepada siswa-siswi SMA/SMK/MA yang mempunyai hak pilih supaya menyalurkan hak pilihnya pada saat pemilihan umum, dan tidak golput. Setelah materi disampaikan, acara dilanjutkan dengan dialog antara peserta sosialisasi dengan narasumber. (ath-KPU)

Foto Acara:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *