BAWASLU-KPU SE-JATIIM GELAR RAKOR EVALUASI PENYELENGGARAAN PEMILU 2019

RAKOR : Ketua KPU Jawa Timur Choirul Anam Sedang meyampaikan materi

SUMENEP, kpud-sumenepkab.go.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur menginisiasi melaksanakan rapat koordinasi bersama antara KPU dan Bawaslu Provinsi serta Kabupaten/Kota se-Jawa Timur, (2-4/11/2019). Kegiatan tersebut digelar di Hotel Wyndham, Surabaya.

Hadir saat itu Ketua KPU RI, Arief Budiman, Ketua Bawaslu RI, Abhan, dan juga Ketua DKPP. Ketua KPU RI, Arif Budiman dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan tersebut merupakan hal yang sangat baik dalam membangun demokrasi, karena kunci sukses Pemilu berawal dari soliditas antar penyelenggara.

“Apabila kita ingin melihat kesuksesan sebuah proses demokrasi yang bernama Pemilu maka harus dimulai dari sejauh mana penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) dalam membangun komunikasi dan soliditas dalam bekerja, karena penyelenggaraan Pemilu ancamannya bukan dari luar tapi justru dari dalam,” kata Arief Budiman langsung disambut aplaus para peserta.

Sedangkan Abhan, Ketua Bawaslu RI mengapresiasi kegiatan ini sebagai sebuah kegiatan yang sangat baik dan harus dicontoh oleh Bawaslu di seluruh Indonesia. Bahkan, Abhan memuji Bawaslu Provinsi Jatim yang sudah menyelenggarakan kegiatan rakor bersama antara KPU dan Bawaslu Provinsi serta Kab./Kota se Jawa Timur.

“Ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan oleh Bawaslu di seluruh Indonesia, dan sangat wajar saya kira digagas oleh Bawaslu Jatim karena memang Jawa Timur sebagai Provinsi terbesar harus menjadi parameter bagi Provinsi yang lain,” jelasnya.

Ketua Bawaslu Jatim, Muhammad Amin, berharap kegiatan tersebut dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat meningkatkan kualitas demokrasi ke depan khususnya menyambut pemilihan Pilkada serentak 2020 mendatang.

“Karena selain kita melakukan evaluasi bersama, kita juka akan berembuk bersama dalam diskusi kelompok yang akan membahas beberapa persoalan seputar pelaksanaan pemilu,” tegasnya. (raf)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *