ANTISIPASI GOLPUT, PPS BATUPUTIH KENEK SOSIALISASIKAN PILGUB JATIM KEPADA PEDAGANG PISANG

insert : PPS sosialisasi kepada para pedagang pisang

Batu Putih, kpud-sumenepkab.go.id – Kesuksesan Pilkada serentak khususnya Pilgub Jatim 2018 haruslah didukung oleh seluruh unsur dan elemen masyarakat. Salah satu bentuk suksesnya pemilihan adalah dengan hadirnya pemilih ke tempat pemilihan dan menyalurkan hak suaranya sesuai hati nurani.

Kehadiran pemilih sangat menjadi prioritas utama bagi panitia penyelenggara pemilihan mulai dari tingkat KPU, PPK, hingga PPS. Semua unsur ini meyakini bahwa jika kehadiran masyarakat ke TPS meningkat berarti semua informasi yang berhubungan dengan pemilihan sudah teserap kepada masyarakat secara merata. Dan hal ini diharapkan akan menjadi penyadaran yang menyeluruh di semua lapisan masyarakat tehadap pentingnya pemilihan.

Oleh sebab itu, berbagai cara dan media telah digunakan oleh panitia penyelenggara supaya ajakan ayo memilih tersampaikan dan benar-benar dilaksanakan oleh masyarakat. Media yang dipakai diantaranya berupa informasi melalui medsos, siaran televisi, koran dan turun langsung ke masyarakat bawah.

Bila berhubungan dengan masyarakat bawah dan awam, yang jelas media yang paling efektif adalah dengan turun langsung kepada mereka sebab mereka sangat minim untuk mengakses di medsos. Seperti halnya yang dilakukan oleh Imam, sapaan akrab Imamuddin Hidayatullah, selaku koordinator Divisi Logistik, Sosialisai dan Hukum PPS Batuputih Kenek. Langkah yang imam tempuh adalah dengan mendatangi dan mengumpulkan pedagang pisang di Pasar Labang Duwa’ yang kebetulan di sana selalu rame pada sore hari.

Dalam sosialisasinya dia juga membagi-bagikan selebaran atau pamflet yang berisi ajakan untuk memilih pada 27 Juni 2018 dan larangan untuk golput. Lebih lanjut Imam menjelaskan, “Dengan model sosialisasi sederhana ini saya berharap masyarakat yang tiap harinya berprofesi sebagai pedagang pisang ini tidak hanya sibuk dengan dagangannya saja akan tetapi dapat menyampaikan informasi ini ke pedagan yang lain dan bahkan kepada penjual.” Tuturnya dengan senyum ramah.

Dengan cara semacam ini, ternyata tanggapan positif juga muncul dari salah satu pedagang, Busaha, sapaannya, “Alhamdulillah, walaupun kami hanya pedagan kecil, ternyata masih ada yang peduli dengan kami untuk menyampaikan informasi seputar Pilgub Jatim 2018. Kami bersama yang lain berharap cara seperti ini ditingkatkan dan semoga pemilihan kali ini berlangsung dengan sukses..!.” Ucapnya dengan semangat. Di akhir sosialisasi kala itu (06/01/2018) Imam mengucapkan terimakasih atas dukungan dan waktunya kepada mereka. (red.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *