14 Calon Komisioner KPU Jatim Ikuti Tes Psikologi di TNI AL, Ini daftarnya

14 Calon Komisioner KPU Jatim Ikuti Tes Psikologi di TNI AL, Ini Daftarnya

insert :Suasana tes psikologi calon komisioner KPU Jatim di Dinas Psikologi Angkatan Laut (AL) Juanda Sidoarjo, Senin (30/7/2018).

SURYA.co.id | SURABAYA – Empat belas orang bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur periode 2014 – 2019 menjalani tes psikologi, Senin (30/7/2018).

Tes ini merupakan tahapan lanjutan usai para peserta dinyatakan lulus tes tulis sebelumnya.

Tes psikologi ini berlangsung di Dinas Psikologi Angkatan Laut (AL) Juanda Sidoarjo.

Kepala Bagian Program, Data, Organisasi dan Sumber Daya Manusia KPU Provinsi Jawa Timur, Suharto menyatakan bahwa para peserta ini sebelumnya telah dinyatakan lulus tes tulis menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT).

“Selama satu hari, mereka akan mengikuti tes psikologi. Terkait materinya, semua kami serahkan ke Dinas Psikologi TNI AL,” ujarnya.

Totok menambahkan, dengan adanya keterlibatan unsur TNI dalam seleksi ini, pihaknya berharap akan mendapat komisioner KPU yang kompeten.

“Kami menilai pihak TNI AL melalui Dinas Psikologi sangat kompeten. Sehingga kami memercayakan salah satu tahapan rekruitmen ini,” ucapnya.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim kembali membuka seleksi untuk dua komisioner tambahan. Hal ini sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan UU no 7 thn 2017 tentang Pemilu.

Di peraturan ini tercantum bahwa untuk wilayah dengan jumlah penduduk d iatas 10 juta maka KPU nya bertambah. Dari yang awalnya lima komisioner, kini menjadi tujuh komisioner.

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) rekrutmen Komisioner KPU, Dr Abdul Chalik menjelaskan tahapan seleksi tersebut.

Pendaftaran dibuka pada 10-18 Juli 2018. Kemudian, pada calon komisioner tersebut akan mengukuti tahapan seleksi yang terdiri dari tes tulis, tes psikologi, tes kesehatan, dan tes wawancara. Pelaksanaan tes akan berlangsung hingga 6 Agustus 2018 mendatang.

Timsel juga akan melibatkan masyarakat dalam menyeleksi calon komisioner. Selama 26 hari (11/7-5/8/2018), masyarakat bisa memberikan tanggapan kepada Timsel.

“Dari hasil tes tersebut, kami akan menyerahkan empat nama kepada KPU RI. Dua di antranya ditetapkan sebagai komisioner terpilih, sisanya sebagai cadangan,” ujar Abdul.

Pihaknya juga menjelaskan beberapa kriteria calon komisioner tersebut.

Di antaranya, bersedia untuk tidak menduduki jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah selama menjadi komisioner nantinya.

“Calon Komisioner ini yang tidak sekedar hanya mencari pekerjaan, tapi harus punya kapasitas kapabilitas, integritas,” jelas dosen UINSA ini.

Mengingat saat ini menjadi momentum jelang pemilihan presiden dan pemilihan legislatif tahun depan, Timsel akan mengutamakan figur yang berpengalaman di Pemilu.

“Misalnya para anggota KPU dan Bawaslu kabupaten kota dipersilahkan untuk ikut mendaftar. Sehingga, apabila terpilih bisa langsung bekerja dengan anggota lainnya,” pungkasnya.

Komisioner ini akan bekerja 6 bulan dengan menyesuaikan tugas Komisioner KPU Jatim yang selessi pada Pebruari 2019 mendatang.

Berikut daftar nama kandidat komisioner KPU Jatim yang mengikuti ujian tes psikologi:

 

1. Abdul Malik

2. Agus Edi Winarto

3. Athoillah

4. Adi Suharyanto

5. Fatkhur Rohman

6. Habib M Rohan

7. Insan Qoriawan

8. Miftahur Rozaq

9. Muhlisin

10. Musyafah

11. Nurul Amalia

12. Nur Syamsi

13. Rochani

14. Sapta Andaruisworo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *